Bisnis Skincare
Menjadi Booming dan Menarik di Tahun 2020
Bisnis skincare di Indonesia memberikan peluang yang sangat
menjanjikan. Berdasarkan data Euromonitor International bertajuk The Future of
Skin Care, Indonesia dianggap akan menjadi penyumbang terbesar kedua untuk
pertumbuhan perawatan kulit di dunia.
Data
dari Euromonitor International, total pasar skin care Indonesia akan mencapai
lebih dari US$2 miliar pada 2019 atau sekitar 33% dari total pendapatan pasar
kecantikan disumbang dari industri perawatan kulit. Beberapa orang bakal
memprediksi bahwa bisnis skincare akan meledak penjualannya di tahun 2020.
Melihat data tersebut, peluang usaha skin care juga makin mulai
diminati oleh banyak orang. Bisnis skincare seakan menjadi daya tarik baru bagi
pebisnis di tanah air. Banyak cara yang dilakukan untuk terjun ke bisnis skin
care ini, mulai dari bisinis skincare online, menjadi dropship skincare,
menjadi reseller skincare hingga membuat produk skincare dengan brand sendiri.
Produk skincare di tanah air semakin diminati dan dicari banyak orang. Dengan
permintaan produk skincare yang semakin meningkat tapi ketersediaanya juga
belum terlalu banyak di pasaran, tentu terjun ke dalam bisnis skincare begitu
menjanjikan. Anda yang berminat untuk menjalankan bisnis skincare, tak ada
salahnya mencoba membuat produk skincare dengan brand sendiri.
Sebelum
mulai menjalankan bisnis skincare ada beberapa hal penting yang harus anda
perhatikan, khususnya bagi anda yang akan menjalankan bisnis skincare dengan
membuat produk skincare sendiri. Banyak hal yang anda persiapkan sebelum
membuat produk skincare dengan brand sendiri, hal ini bertujuan agar produk
kosmetik yang dihasilkan memiliki kualitas maksimal dan tentunya digemari oleh
banyak konsumen. Berikut hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum membuat
produk skincare dengan brand sendiri.
Pahami
dulu jenis skincare dan kegunaanya
Sebelum memutuskan untuk
bergerak dalam bisnis skincare, anda harus paham dan mengetahui apa saja jenis
skincare sekaligus fungsinya. Karena setiap orang memiliki kebutuhan kulit yang
berbeda-beda. Jenis kulit setiap orang yang berbeda juga membutuhkan perawatan
berbeda dari sebuah produk skincare. Setiap produk skincare yang diproduksi
memiliki jenis dan kegunaan khusus untuk mengatasi masalah kulit yang berbeda.
Misalkan saja skincare buat kulit berminyak dan skin care buat kulit kering.
Kedua masalah kulit ini membutuhkan jenis skincare yang khusus untuk perawatan
kulit khsusunya memperbaiki nutrisi kulit. Hal ini berbeda dengan skincare buat
wajah berjerawat, sebab jenis skincare yang digunakan lebih mengandalkan
kemampuan untuk melawan bakteri yang menyebabkan tumbuhnya jerawat pada kulit.
Sementara itu, skin care buat kulit sensitif membutuhkan jenis produk skin care
yang lebih khusus lagi, sebab kegunannya juga bersifat khusus.
Banyak nya jenis produk skincare membuat orang yang ingin
memulai bisnis ini cukup kesulitan, sebab harus mengetahui banyaknya jenis
produk dan kegunaannya. Anda bisa memulai mencari informasi jenis dan kegunaan
produk skin care dari berbagai sumber, mulai dari hasil riset atau penelitian,
informasi dari produk skincare yang sudah ada hingga bertanya pada ahlinya.
Ketika sudah mengetahui banyak informasi tentang jenis-jenis produk dan
kegunaan skin care, anda bisa menentukan sendiri jenis dan produk yang akan
anda buat.
Manfaat lain dari mengetahui jenis –jenis dan kegunaan produk
skincare adalah anda memiliki ilmu yang cukup ketika akan memulai bisnis ini.
Misalkan saja jika hendak bekerja sama dengan mitra bisnis, setidaknya anda
memiliki pengetahuan dasar sehingga bisa memberikan gagasan tentang produk skin
care selain itu mencegah anda tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Konsultasi
untuk mendapatkan formula skincare yang tepat
Berkonsultasi
dengan ahli skin care atau praktisi kecantikan yang mengetahui segala hal
tentang skin care menjadi sangat penting. Jika anda memulai bisnis skin care
dengan pengetahuan yang minim, berkonsultasi dengan ahlinya adalah hal yang
wajib dilakukan. Ketika anda memiliki ide untuk membuat produk skincare,
misalkan jenis produk skin care yang akan di buat serta kegunannya,
konsultasikanlah dengan pakarnya agar bisa mendapatkan hasil skincare yang
berkualitas, aman serta efeknya bisa dirasakan langsung oleh konsumen.
Manfaat
konsultasi dengan ahli atau pakarnya adalh mendapatkan formula skincare yang
tepat. Dari formula skincare yang tepat, anda bisa merinci segala kebutuhan
bahan yang akan digunakan untuk membuat sebuah produk skin care. Dari sini juga
anda bisa menentukan besarnya modal awal yang akan digunakan untuk memulai bisnis
skin care.
Tentukan
target pasar anda siapa saja
Setelah
mendapatkan formula skincare yang tepat, langkah selanjutnya adalah menentukan
target pasar yang akan jadi jangkauan pemasaran. Menentukan target pasar disini
artinya menentukan siapa konsumen yang akan menjadi pengguna produk skin care
yang anda buat. Pada umumnya anda bisa menyasar target pengguna skin care
secara luas dan dari berbagai kalangan. Namun jika anda ingin menentukan target
pasar yang spesifik juga tidak masalah, seperti membuat produk skin care untuk
kebutuhan remaja, wanita dewasa hingga ibu-ibu rumah tangga. Atau membuat
target pasar lebih spesifik berdasarkan jenis dan kegunaan produk skin care
anda.
Semakin
besar target pasar yang anda tuju, semakin baik pula untuk kemajuan bisnis skin
care anda ke depannya. Mengingat dengan target pasar yang besar, produk skin
care anda akan lebih banyak terjual dan menghasilkan keuntungan lebih banyak.
Akan tetapi, memiliki target pasar besar juga membutuhkan modal besar di awal,
baik untuk biaya produksi maupun distribusi produknya.
Rencanakan
strategi marketing yang efektif secara online maupun offline
Hal
terakhir yang diperhatikan sebelum membangun bisnis skin care adalan menyusun
rencana strategi marketing dari produk skin care yang dibuat. Anda bisa
memasarkannya secara online maupun offline. Anda bisa mendistribusikan produk
skin care melalui agen atau grosir produk skin care, reseller produk skin care
hingga membuka drop ship skin care. Selain itu, anda bisa memanfaatkan berbagai
platform sosial media, E- Comerce dan web untuk melakukan produk skin care
secara online. Pemasaran produk secara online di jaman sekarang lebih produktif
dan mempunyai jangkaun lebih luas. Bisa di bilang pemasaran produk skin care
secara online lebih efektif daripada secara offline.
Pemasaran
produk baik secara online atau offline juga memiliki keunggulan dan kelemahan
masing-masing. Namun hal terpenting dari strategi marketing adalah mampu
menjual produk sebanyak- banyaknya dan memperoleh keuntungan yang maksimal. Pemasaran
atau marketing menjadu kunci utama sebuah bisnis bisa berkembang pesat atau
tidak, untuk itu diperlukan strategi pemasaran yang benar-benar tepat dan
efektif.
Memilih
jasa maklon kosmetik sebagai mitra kerja untuk mewujudkan produk skincare yang
anda inginkan
Jasa maklon
kosmetik dapat membantu anda dalam memulai bisnis skincare
impian anda. PT Mash Moshem Indonesia adalah salah satu jasa maklon kosmetik
yang siap membantu anda dalam membangun bisnis skincare yang anda impikian.
Menggunakan jasa maklon kosmetik juga menjadi pilihan yang tepat agar anda bisa
menciptakan sebuah produk skin care dengan brand sendiri secara mudah. Jasa
maklon kosmetik dapat membantu anda membuat produk skin care dari mulai nol
hingga produk tersebut siap di pasarkan untuk konsumen. Anda juga tak perlu lagu
masalah legalitas produk, sebab biasanya jasa maklon kosmetik akan membantu
pengurusan legalitas produk hingga tuntas.
Bagi
anda yang berminat untuk menggunakan jasa maklon kosmetik, pilihlah jasa maklon
kosmetik profesioanal dan dapat dipercaya. PT Mash Moshem adalah jasa maklon
kosmetik yang bisa jadi pilihan tepat ketika memilih jasa maklon kosmetik. Anda
dapat berkonsultasi secara langsung untuk mendapatkan produk skin care yang
punya kualitas maksimal. Untuk masalah harga, menggunakan jasa maklon kosmetik
juga jauh lebih murah dibanding harus membangun sendiri dari nol, serta lebih
efektif dan bisa menghasilakan produk skin care yang sesuai impian anda.
sc : https://www.mediaindo.co.id/bisnis-skincare-menjadi-booming-dan-menarik-di-tahun-2020/
diakses : 22:49, 11 Juni 2022
Tidak ada komentar:
Posting Komentar